God Bless You All and Me

31 July 2010

Globalisasi hasilkan unggulnya Mutu SDM

“Sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas hanya dapat di peroleh melalui pendidikan yang bermutu unggul. Dari system pendidikan yang unggul inilah muncul generasi dan budaya yang unggul. Namun demikian, munculnya globalisasi juga telah menambah masalah baru bagi dunia pendidikan.”demikian dikemukakan Ones Madai salah satu mahasiswa Universitas PGRI Adhibuana Surabaya, kepada media web blog ini via email beberapa waktu lalu.

Dikatakannya, bagaimana tidak ? Di satu sisi system pendidikan yang di terapkan harus berimplikasi pada pemupukan nasionalisme peserta didik. Namun di sisi lain, hajat pemenuhan kebutuhan pendidikan global harus ditunaikan, agar para lulusannya dapat berfungsi secara efektif dalam kehidupan masyarakat global.

“Disinilah kita dituntut untuk bisa mengembangkan system pendidikan yang sesuai dengan tuntutan zaman, berperspektif globalisasi.”demikian ditambahkannya lagi sebagai masukan untuk Dinas Pendidikan Kabupaten Deiyai, Provinsi Papua pada khususnya dan pada umumnya Dinas Pendidikan di seluruh Tanah Papua.

Tidak keluar dari kegiatan pembangunan yang sudah dan sedang berjalan di Kabupaten Deiyai khusus di bidang Pendidikan diantaranya seperti pembangunan Perpustakaan, Pembangunan dua bangunan Sekolah Tingkat SMP dan dua bangunan sekolah tingkat SMA. Maka dengan demikian hadir pula berbagai masukan yang diterima media ini untuk Dinas Pendidikan, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Deiyai, diantaranya :

“Pertama, jika terealisasi pembangunan gedung sekolah dan perpustakaan maka, apa yang di simpan dalam perpustakaan dan ruangan kelas tersebut, dimana dalam kedua ruangan itu perlu fasilitas yang menunjang sesuai kebutuhannya, sehingga jauh sebelumnya bapak dapat memesan kelengkapannya. Ketika ruangan kelas maupun perpustakaan terdirikan alangkah indahnya fasilitas penunjang sudah ada di kabupaten setempat.

Kedua, perlu untuk memfasilitas sekolah-sekolah yang lama baik itu SD, SMP maupun SMA yang berada di Kabupaten Deiyai. Ketiga, bila perlu di masing-masing sekolah ada mata pelajaran Muatan Local (MULOK) agar dapat di barengi dengan system budaya setempat. Keempat, perkembangan pendidikan harus mengikuti era-globalisasi, guna mempersiapkan SDM Deiyai yang Handal.”

Menanggapi hal tersebut diatas, Kepala Dinas Pendidikan, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Deiyai, Johanis Adii, S.Pd, kepada media ini, Jumat (30/7) kemarin diruang kerjanya mengatakan pada prinsipnya jika ada masukan, kritikan atau saran yang bersifat untuk membangun khususnya di bidang Pendidikan Deiyai, pihaknya akan dengan polos menerimanya, namun sebaliknya jika ada hal-hal berupa masukan yang bersifat merusak, pihaknya 100 persen tidak menerimanya.

“Deiyai adalah kabupaten baru yang tentunya sangat banyak membutuhkan berbagai opini, pandangan, motifasi yang baik dari semua elemen yang berkompoten di daerah ini,”kata Bapa yang menghabiskan puluhan tahunnya bekerja sebagai Tenaga Pendidik di daerah Jayawijaya.

Mengenai pembangunan awal yang kini tengah berlangsung, kata Adii. Semuanya telah terprogramkan dalam kegiatan, jika kegiatannya tidak ada di tahun ini, maka kegiatan itu akan bisa terwujud di tahun anggaran 2011 mendatang, dan kegiatan-kegiatan yang masuk dalam tahun anggaran 2010 ini tentunya akan diselesaikannya dan sementara pembangunannya sudah dan sedang berlangsung. Misalnya saja, perpustakaan tentunya akan pula juga dilengkapi dengan fasilitas pendukungnya didalamnya begitupun juga dengan meja dan kursinya yang akan menjadi fasilitas pendukung dari bangunan gedung sekolah yang du bangun bahkan pula gedung perpustakaan.

Wacana ini hanya sebuah masukan untuk pengembangan SDM Deiyai lebih spesifik dan Papua pada umumnya. Prinsipnya, berbagai sumber menyebutkan kesalutan mereka akan misi mulia yang di jalankan oleh Dinas Pendidikan di Kabupaten Deiyai, seperti yang diterima media ini melalui berbagai sumber…..Semoga !!! (jga)

seLENgkapnya......

My Number NPWP

NPWP : 58.996.735.5-953.000 Terdaftar : 12 Desember 2008

My Daily

Lahir di Karang Mulia Nabire, 17 Januari 1984. Alumni dari Perguruan Tinggi STIE PORT NUMBAY JAYAPURA WEST PAPUA pada Jurusan Managemen Program Study Management Keuangan Tahun 2004. Pernah bekerja sebagai Journalis di Media lokal di kota Minyak Sorong dan lewat pekerjaan itu saya di tugaskan sebagai KABIRO Journalis perwakilan di Kab. TelBin. Hingga kini saya masih menulis tulisan dan dimuat di web bloger www.jemmyadii.blogspot.com, www.wikimu.com. Selain itu juga, pernah bekerja sebagai Aktivis di LSM Bin Madag Hom anak cabang Yalhimo Manokwari selama lebih kurang 2,5 tahun. Juga pernah bekerja sebagai sebagai GovRell & CommRell pada PT. MineServe International Timika, loker di Bilogai, Sugapa, Kab. Paniai (kini menjadi Kabupaten Intan Jaya). Sekarang bekerja sebagai Staf PNS pada Bappeda & di Mutasi ke Dinas Keuangan Kab. Deiyai Tahun 2014 ini. Status saya sudah berkeluarga, dalam keluarga saya sebagai anak sulung dari empat bersaudara. Asal kampung saya di Puteyato, Komopa dan Amago Kabupaten Deiyai & Paniai........Kuasa Ugatame sangat Dasyat. Mujizat Ugatame itu Nyata. Dapat Ugatame Dapat Semuanya. Bagi Ugatame tidak ada yang Mustahil. Ugatame ini enaimo.(Matius 6:33;7:7; I Tesalonika 5:16, 17 & 18; Filipi 4:6; Wahyu 1:17b & 18; 2:10;dll)_PKAZ-adiibo
Template by : kendhin x-template.blogspot.com