God Bless You All and Me

31 March 2010

Operator Pendidikan Kabupaten/Kota di Provinsi Papua dan Papua Barat, Dibekali Pengelolah SIM NUPTK Online oleh Ditjen PMPTK Pusat

Dalam rangkah pemutakhiran data Pendidik dan Tenaga Kependidikan berbasis online, maka Direktorak Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan menyelenggaran Pembekalan pengelolah simpul informasi NUPTK Online bagi Dinas Pendidikan Kabupaten Paniai/Kota, PPPPTK, LPMP dan Ditjen PMPTK.

Kegitan ini di laksanakan di 9 region untuk seluruh wilayah Indonesia, yang setiap regionnya terdiri dari beberapa provinsi Papua dan Papua Barat, yang di selenggarakan pada tanggal 29 Maret s/d 1 April 2010, bertempat di LPMP Provinsi Papua, Jalan Guru Kota Raja, Jayapura-Papua.

Kegiatan tersebut didasari berdasarkan Undang-Undang Nomor. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas), pada pasal 41 menyatakan bahwa “Pemerintah dan Pemerintah Daerah wajib memfasilitasi satuan pendidikan dengan pendidik dan tenaga kependidikan (PTK), yang diperlukan untuk menjamin terselenggaranya pendidikan bermutu. Implikasi amanat undang-undang tersebut, pemerintah melalui Direktorak Jenderal Peningkatan Mutu pendidik dan Tenaga Kependidikan, Kemendiknas memiliki kewajiban untuk memfasilitasi PTK agar profesional dan bermartabat. Oleh karena itu, diperlukan dukungan data PTK pada pendidikan Formal dan Non Formal."

Sementara itu, Tupoksi dari Ditjen PMPTK sesuai dengan PERMENDIKNAS nomor 8 tahun 2005 tentang Organisasi dan Tata Kerja Ditjen PMPTK, pasal 2 menyatakan bahwa “Ditjen PMPTK mempunyai tugas merumuskan, melaksanakan kebijakan, dan standarisasi teknis di bidang peningkatan mutu pendidik dan tenaga kependidikan pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, pendidikan menengah, dan pendidikan non formal.” Sekretaris Ditjen PMPTK sebagai subsistem Ditjen PMPTK memiliki tupoksi untuk melaksanakan pelayanan teknis, administrasi, pembinaan, dan koordinasi pelaksanaan tugas unit organisasi di lingkungan Ditjen PMPTK. Salah satu tugas Bagian Perencanaan, Sekretariat Ditjen PMPTK adalah melakukan pengumpulan, pengolahan, penyajian data dan informasi di bidang peningkatan mutu PTK.

Selanjutnya, sebagai implikasi undang-undang Nomor 14 tahun 2004 tentang Guru dan Dosen dan Peraturan pemerintah nomor 74 tahun 2008 tentang Guru, mendorong Ditjen PMPTK untuk merancang database online sebagai existing system Ditjen PMPTK, dalam rangkah menyiapkan rencana program peningkatan mutu PTK berbasis data, sehingga dibutuhkan data PTK yang benar, akurat dan mutakhir.

Berdasarkan hal tersebut, Ditjen PMPTK telah mengembangkan aplikasi SIM NUPTK Client Server, yang kehadirannya sangat membantu kelancaran dalam melaksanakan pemutakhiran data PTK. Untuk mampu mengaplikasikan SIM NUPTK CS, diperlukan pengetahuan dan keterampilan tertentu bagi Operator pendataan pada Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, PPPPTK, LPMP dan Ditjen PMPTK.

Kegiatan ini bertujuan untuk : “Mensosialisasikan penggunaan aplikasi SIM NUPTK Client server bagi pengelola data PTK pada Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, PPPPTK, LPMP dan Ditjen PMPTK. Memberikan pengetahuan tentang instalasi SIM NUPTK CS dan Importing data. Memberikan pengetahuan tentang SIM NUPTK CS sebagai generator NUPTK. Inventarisasi permasalahan dan perbaikan data pada SIM NUPTK CS. Melakukan integrasi data Pusat dan daerah menunggunakan SIM NUPTK CS. Memberikan informasi dan pengetahuan tentang analisa dan penyajian data PTK. Penjelasan tentang optimalisasi data NUPTK untuk sertifikasi guru. Mensosialisasikan wahana sebagai situs jejaring sosial PTK.”

Hasil yang diharapkan dari kegiatan ini diantaranya: “Tersosialisasinya penggunaan aplikasi SIM NUPTK CS bagi pengelolah data PTK pada Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, PPPPTK, LPMP, dan Ditjen PMPTK. Terbangunnya, pemahaman tentang instalansi SIM NUPTK CS sebagai generator NUPTK. Terinventarisasinya permasalahan dan perbaikan data pada SIM NUPTK CS. Terwujudnya rekapitulasi data PTK antara pusat dan daerah dengan menggunakan SIM NUPTK CS. Terbangunnya pemahaman tentang analisa dan penyajian data PTK. Peserta memahami tentang optimalisasi data NUPTK untuk guru. Dan tersosialisasikannya wahana sebagai situs jejaring sosial PTK kepada Dinas pendidikan Kabupaten/Kota, PPPPTK, LPMP dan Ditjen PMPTK.”

Kegiatan tersebut secara resmi di Buka pada Senin (29/3) dan di Tutup pada Rabu (31/3) Oleh Kepala LPMP Provinsi Papua, Saul Bleskadit, M.Si. Turut serta hadir sebagai Pengarah, Nara Sumber dan Instruktur dalam pelaksanaan ini adalah: “Sekretaris Ditjen PMPTK, Kepala Bagian Perencanaan Setditjen PMPTK, Kasubbag Rencana dan Program Setditjen PMPTK, Kasubag Evaluasi Pelaksanaan Rencana dan Program, Setditjen PMPTK, Konsultan Setditjen PMPTK dan Tim Pendataan Ditjen PMPTK.” Sementara hadir sebagai peserta diantaranya: “Pengelola Data Base NUPTK pada Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota di Provinsi Papua dan Papua Barat. Pengelola Data Base NUPTK pada LPMP Provinsi Papua dan Pengelola Data Base NUPTK pada Ditjen PMPTK.

Untuk diketahui publik bahwa materi kegiatan yang disampaikan pada kegiatan ini diantaranya: “Kebijakan Ditjen PMPTK, Kebijakan NUPTK Online 2010, Pengenalan SIM NUPTK CS, penjelasan SIM NUPTK CS dan Importing Data Base, penjelasan Manajemen User di SIM NUPTK CS, penjelasan Transaksi Data seperti Penambahan sekolah/instansi baru, penambahan individu baru, edit data, mutasi PTK, verifikasi data masuk, dan revisi data tertunda. Singkronisasi Data, penjelasan SIM NUPTK CS sebagai Generator, penjelasan Fitur laporan di SIM NUPTK CS, penjelasan Permasalahan dan Perbaikan Data, Konversi data ke SIM NUPTK CS, penjelasan Optimalisasi data SIM NUPTK untuk sertifikasi guru, penjelasan Analisa dan Penyajian data PTK, sosialisasi Wahana sebagai Situs Jejaring Sosial PTK dan Pre Test dan Post Test.”……..!!! (Jemmy Gerson Adii)

seLENgkapnya......

My Number NPWP

NPWP : 58.996.735.5-953.000 Terdaftar : 12 Desember 2008

My Daily

Lahir di Karang Mulia Nabire, 17 Januari 1984. Alumni dari Perguruan Tinggi STIE PORT NUMBAY JAYAPURA WEST PAPUA pada Jurusan Managemen Program Study Management Keuangan Tahun 2004. Pernah bekerja sebagai Journalis di Media lokal di kota Minyak Sorong dan lewat pekerjaan itu saya di tugaskan sebagai KABIRO Journalis perwakilan di Kab. TelBin. Hingga kini saya masih menulis tulisan dan dimuat di web bloger www.jemmyadii.blogspot.com, www.wikimu.com. Selain itu juga, pernah bekerja sebagai Aktivis di LSM Bin Madag Hom anak cabang Yalhimo Manokwari selama lebih kurang 2,5 tahun. Juga pernah bekerja sebagai sebagai GovRell & CommRell pada PT. MineServe International Timika, loker di Bilogai, Sugapa, Kab. Paniai (kini menjadi Kabupaten Intan Jaya). Sekarang bekerja sebagai Staf PNS pada Bappeda & di Mutasi ke Dinas Keuangan Kab. Deiyai Tahun 2014 ini. Status saya sudah berkeluarga, dalam keluarga saya sebagai anak sulung dari empat bersaudara. Asal kampung saya di Puteyato, Komopa dan Amago Kabupaten Deiyai & Paniai........Kuasa Ugatame sangat Dasyat. Mujizat Ugatame itu Nyata. Dapat Ugatame Dapat Semuanya. Bagi Ugatame tidak ada yang Mustahil. Ugatame ini enaimo.(Matius 6:33;7:7; I Tesalonika 5:16, 17 & 18; Filipi 4:6; Wahyu 1:17b & 18; 2:10;dll)_PKAZ-adiibo
Template by : kendhin x-template.blogspot.com